Selamat Datang di Website Resmi Desa Bonjor kecamatan Sarang kabupaten Rembang  

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS KADER POSYANDU

Adm | 27 Januari 2023 13:06:02 | Berita Desa | 695 Kali

     Upaya pemantauan tumbuh kembang anak usia dini secara pokok merupakan tugas keluarga dan dibantu oleh kader Posyandu melalui kegiatan Posyandu. Program Posyandu dilakukan di setiap desa oleh kader yang telah diberi pengetahuan dan pelatihan oleh para petugas kesehatan untuk pengetahuan tentang kesehatan, terutama pertumbuhan dan perkembangan anak pada para orang tua.

Umumnya kegiatan Posyandu meliputi kegiatan penimbangan balita dan pemberian nutrisi, sehingga sebagai sasaran utama Posyandu lebih tertuju pada tahap pertumbuhan fisik saja. Oleh karena itu, perlu adanya pemberian pengetahuan pada kader Posyandu tentang deteksi dini perkembangan anak, sehingga tindakan preventif dapat dilakukan untuk mengatasi adanya gangguan perkembangan pada balita. Pada program pelatihan peran kader Posyandu ini dapat terlaksana dengan melibatkan 80% kader Posyandu di Desa Bonjor yang diikuti oleh 26 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan materi, diskusi, tanya jawab dan Praktek.

Ketua TP-PKK Desa Bonjor bekerja sama dengan Puskesmas 1 Sarang dan Bidan Desa untuk memberikan pelatihan serta materi yang berkaitan dengan pengukuran, penimbangan serta status gizi balita. Guna mendeteksi tumbuh kembang anak usia dini, dalam sambutan Fitria Febriantic Putri, S.Pd. ketua TP-PKK Desa Bonjor menyampaikan "Bahwasanya menjadi kader posyandu itu harus memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus, karena sangat penting untuk memantau tumbuh kembang balita dan juga dibutuhkan kevalitan data agar tidak salah dalam menentukan angaka Stanting ( Gizi Buruk ) perlu kita ketahui bahwa perempuan adalah tolak ukur kemajuan Bangsa. Maka, peran perempuan terutama kader posyandu sangat dibutuhkan dalam mensukseskan pembangunan secara menyeluruh."

Kegiatan pelatihan dilaksanakan hari Jumat 27 Januari 2023 di Pemdopo Desa Bonjor. Kegiatan Pelatihan Peran Kader Posyandu dalam Deteksi Perkembangan Anak Usia Dini ini mampu memberikan beberapa alternatif penyelesaian masalah yang terjadi ketika kegiatan Posyandu berlangsung. (Agf/52=)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Wilayah Desa

Agenda

Belum ada agenda

LAYANAN MANDIRI

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung